TIPS AGAR SPONSOR YAKIN DAN MELIRIK EVENT KAMU

Hallo Sobat daftarin, kita kasih Tips & trik 5 Cara Bikin Sponsor Tertarik Sama Eventmu. Kamu punya ide untuk bikin event tapi terkendala dana? bener sih dana sangat dibutuhkan buat bikin event. Dari mana ya dana buat event bisa jalan??…

Yups Cari sponsor solusinya! masalahnya cari sponsor kan gak semudah itu, Selain masalah seperti kebutuhan perusahaan yang kompleks, kemampuan untuk menonjolkan USP (unique selling point) event kamu juga jadi salah satu hal yang penting. Kalau kata orang, cari sponsor itu ibarat cari jodoh, kalau gak klik bakal susah untuk ‘jadian’!

Nah Sobat daftarin, biar para sponsor melirik event kamu, yuk simak tips berikut ini.

 

1. Pilih sponsor yang punya banyak kesamaan dengan event kamu

Sebelum mengirim proposal, pastikan sobat daftarin riset visi misi, event apa saja yang pernah didanai, serta siapa konsumen/audiens perusahaan. Hal-hal ini penting karena akan menentukan ketertarikan sponsor. Jangan sampai kamu mau bikin event Lomba Masak, tapi malah kirim proposal ke perusahaan tambang. Bukannya gak mungkin sih, tapi kemungkinan event kamu didanai akan sangat kecil. sobat bisa cari Perusahaan bahan pokok, produk bumbu atau instrument lain yang membuat event kamu menjadi promosi untuk produknya. Balik ke analogi percintaan, banyak yang bilang kalau jodoh itu cerminan diri. Nah sama halnya dengan sponsor biar Sobat Daftarin sama Sponsor “Klik”

 

2. Bikin proposal atau deck semenarik mungkin

Proposal/deck adalah senjata pertama yang akan kamu gunakan untuk  menemukan sponsor. Proposal yang ideal gak cuma bersifat deskriptif, melainkan juga persuasif. Jangan hanya cantumkan hal-hal biasa seperti latar belakang, tujuan dan rundown event. Kamu harus mengedepankan manfaat untuk si sponsor dengan mencantumkan success story event sebelumnya, keuntungan jika mereka mendanai, plan promosi, hingga faktor resiko dan cara memitigasinya. Sesuaikan juga warna dan design proposalmu dengan perusahaan yang dituju. Di Platform daftarin.id sobat daftarin bakal punya dashboard Experience Event yang bisa sobat masukin di proposal atau deck sebagai demografi event pengelola data crowd, rentang usia, jenis kelamin, dan data lain yang bisa jadi penarik sponsorship buat gabung sama event sobat.

 

3. Cara yang tepat untuk mengirim proposal

Pengiriman Proposal event mu bisa dengan beberapa cara, melalui E-Mail, Pos (Hard Copy), Atau melalui Media Sosial (Whatsapp, Telegram, Massager). Pastikan proposalmu dikirim melalui email pada saat jam kerja seperti pukul 08.00-10.00. Hal ini akan memperbesar kemungkinan proposalmu terbaca oleh pihak sponsor. Sertakan juga body email yang gak perlu terlalu panjang, namun dapat merangkum gambaran acara dengan menarik. Jangan lupa untuk memeriksa ukuran file yang kamu kirim, usahakan proposal kamu tidak lebih dari 10 MB ya. Buat pengiriman hardcopy usahakan untuk mencetak pada kertas yang lebih tebal atau seperti majalah biar lebih menarik, elegan dan tidak rentan rusak, yang paling penting usahakan untuk jalin komunikasi interpersonal dengan relasi sponsorship agar lebih proposal temen temen menjadi perhatian bagi sponsorship.

 

4. Jangan ragu untuk rutin follow up

Jangan biarkan proposalmu atau deck yang sudah dikirim diendapkan dan dibiarkan begitu saja. Biasanya, proposalmu akan direspon dalam kurun waktu 7-14 hari kerja. Namun jangan langsung berkecil hati apabila respon yang kamu tunggu tak kunjung datang. Bisa saja karena email kamu belum terbaca sehingga belum ada tanggapan dari perusahaan. Untuk itu, jangan ragu untuk kirimkan email konfirmasi lanjutan dan jangan malu untuk menjalin komunikasi kepada pihak sponsorship ya sobat, ingat juga jangan terlalu berlebihan takutnya mengganggu pihak sponsorship yang ujung ujungnya gagal deh meminangnya.

 

5. Siapkan presentasi kamu dengan matang!

Jika proposalmu nantinya lolos untuk masuk tahap selanjutnya yaitu presentasi, kamu harus mempersiapkan momen ini dengan baik. 30 detik pertama bisa jadi awal penentuan apakah sponsor tertarik dengan event yang kamu buat. Awali presentasi dengan cara yang unik seperti ajukan pertanyaan, paparkan urgensi atau masalah yang ada, dan masih banyak lainnya. Dengan melakukan hal ini, kamu akan mencuri perhatian mereka dengan cepat.Ingat presentasi sponsorship bukan untuk menggurui yaa tapi lebih meyakinkan sponsor kalau eventmu akan sangat bermanfaat buat sponsor. cara peluang dan velue dari setiap percakapan jangan gugup tetap santai namun beretika. feedback sangat diperlukan ya sobat buatlah momentum terbaik untuk diskusi untuk menjalin kedekatan karena itu akan menjadi nilai tambah dalam meyakinkan sponsorship

Tetap semangat Sobat Daftarin, jangan takut buat bikin Event, Sponsor Menanti Event terbaikmu.

 

Baca Juga : Pentingnya Stake Holder Dalam Sebuah Event

Artikel Lainnya : Jenis Jenis Tiket Pada Sebuah Event

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Alamat : PT. Cahaya Anugrah Firdaus (CAF)
Jalan Akuntansi No.2, Bandung, Jawa Barat 40191

Ada pertanyaan? Atau ingin membuat event

© 2024 daftarin.id. Hak cipta dilindungi.