MENGENAL JALUR POMPA ATAU PUMP TRACK

Mungkin sobat daftarin banyak bertanya apa itu Pump Track?? untuk apa sih pump track??

Oke Sobat Daftarin kita ulas ya tentang Pumptrack, yuk Simak ..

Pump Track atau pumptrack pertama kali diperkenalkan pada tahun 1970an. Pada saat itu, mereka mewakili versi trek BMX yang lebih kecil dan memungkinkan pengembangan dan penerapan keterampilan bersepeda tertentu. Mereka sangat mirip dengan apa yang disebut lari ular di taman skate .

 

Pada tahun 1990-an, pengendara sepeda gunung juga mulai menggunakan pump track dan menyesuaikannya dengan kebutuhan. Pumptrack, yang kemudian dibangun secara eksklusif dari tanah, mulai menyebar ke seluruh dunia dan tumbuh di banyak tempat umum serta halaman pribadi. Karena terbuat dari tanah, jalur ini dapat diakses oleh semua orang, namun sebaliknya hanya cocok untuk pengendara sepeda, dan tidak dapat digunakan dalam cuaca buruk hingga permukaannya kering. Pumptrack kotoran harus sering dirawat karena keausan mekanis dan kondisi cuaca, sehingga diperlukan pengetahuan dan pengalaman khusus untuk melakukannya.

Track pompa dibedakan berdasarkan cara pergerakannya yang inovatif, dimana kita tidak menggunakan pedal atau tenaga mendorong, melainkan menggerakkan roller dengan menggerakkan pusat gravitasi tubuh ke atas dan ke bawah. Jadi, saat menaiki roller, sepeda atau perlengkapan lainnya menjadi lega, dan saat kita turun dari roller, kita menciptakan momentum kembali. Gerakan semacam ini intens secara fisik dan memungkinkan pelatihan bagi pemain muda dan juga atlet papan atas. Selain itu, bersepeda di pumptrack memperkuat perkembangan keseimbangan dan koordinasi yang penting untuk pengembangan keterampilan motorik pada anak dan remaja.

 

Perancangan pumptrack disesuaikan dengan kelompok sasaran utama pengguna, jumlah calon pengguna, sumber daya yang tersedia, dan luas lokasi penempatan pumptrack. Desain pumptrack yang sangat beragam semakin menambah daya tariknya karena setiap pumptrack cenderung unik. Pumptrack dapat ditempatkan di area kecil seluas 400m2 ke atas, sehingga dapat ditempatkan di lingkungan perkotaan. Di sisi lain, pumptrack tersebut juga dapat ditempatkan di area seluas beberapa ribu meter persegi.

Meskipun yang lebih kecil sangat cocok untuk pengguna skuter termuda, dan pemula, track pompa yang lebih besar juga cocok untuk pengguna yang lebih tua, lebih berpengalaman, serta pengendara sepeda dan pemain skateboard. Ukuran yang sesuai untuk suatu tempat tertentu juga bergantung pada jumlah calon penggunanya. Pumptrack yang paling umum berukuran hingga 1000 m2, karena sudah cukup besar sehingga cocok untuk pengguna lanjut usia serta berbagai peralatan olahraga. Anda dapat menemukan informasi lebih lanjut tentang memilih lokasi yang cocok untuk pumptrack di sini.

Kontruksi Pump Track

Pump Track versi Tanah

Untuk versi tanah, yang paling penting adalah penggunaan campuran tanah yang sesuai, yang memungkinkan tercapainya tingkat pemadatan yang diinginkan, sekaligus mempertahankan kelembapan untuk waktu yang lebih lama, bahkan dalam cuaca kering, dan mencegah pembusukan. Campuran tanah liat dan arenit direkomendasikan dengan perbandingan 30:70. Selain itu, berbagai persiapan juga tersedia untuk menstabilkan tanah, misalnya Soiltec atau berbagai campuran buatan sendiri yang berbahan dasar perekat kayu, dll. Dianjurkan untuk menyediakan drainase sebelum membangun pumptrack tanah, dan masuk akal untuk menutup tanah. pada bank secara permanen untuk meningkatkan stabilitasnya.

 

Pump Track versi Aspal

Versi aspal memerlukan derajat konsolidasi lapangan yang lebih besar untuk mencegah penyusutan material yang dapat menimbulkan keretakan pada permukaan aspal. Pada bagian ini perlu dihilangkan lapisan humus dan menggantinya dengan material batu yang sesuai. Drainase juga diperlukan, paling sering melalui poros beton yang dihubungkan dengan pipa yang mengalirkan air ke luar pumptrack itu sendiri.

Dengan bantuan mesin dan pekerjaan tangan, konfigurasi pumptrack itu sendiri dari bahan tahan beku dibentuk dan dipasang pada dataran tinggi yang telah disiapkan. Strukturnya sendiri kemudian dilapisi dengan lapisan aspal dengan granulasi yang sesuai, sehingga menghasilkan permukaan yang halus dan kokoh. Tepian pumptrack harus ditutup dengan rumput untuk mencegah lapisan bawah pumptrack terbilas dan terkikis.

 

Pump Track Versi Beton

Teknik pembuatan pumptrack beton juga serupa, namun seluruh pumptrack harus ditutup dengan bekisting, kemudian pengaplikasian beton dilakukan dengan teknik shotcrete.

 

Pump Track Versi Kayu

Kayu juga dapat digunakan untuk membuat pumptrack, tetapi hal ini tidak terlalu umum karena permukaan kayu dapat dengan cepat menjadi licin saat terkena hujan dan kondisi cuaca lainnya. Lintasan pertama yang dibuat oleh pendiri Erik terbuat dari kayu di taman sepeda Finale Ligure.

 

Kompetisi PumpTrack

Berbagai acara dan kompetisi dapat diselenggarakan di pumptrack. Beberapa pumptrack dirancang khusus untuk pengorganisasian kompetisi dan memungkinkan dua pesaing untuk berkendara secara bersamaan di dua pumptrack dengan sirkuit yang persis sama, sekali lagi di jalur lain dimungkinkan untuk mengatur kompetisi tepat waktu, dll.

Semakin banyak pumptrack seperti itu di seluruh dunia, dan kompetisi yang ada, bersepeda di pumptrack telah diakui sebagai disiplin olahraga resmi oleh Asosiasi Bersepeda Internasional UCI . Oleh karena itu, kejuaraan nasional, Eropa, dan dunia akan diadakan di pumptrack.

Salah satu pumptrack di Indonesia yaitu Galuh Mas Pump Track yang terletak di Karawang, Jawa Barat. Galuh Mas Pump Track akan menyelenggarakan event kompetisi dengan 9 Kategori dengan Total Hadiah 7 juta Rupiah

 

Yuk sobat daftarin yang mau ikutan merasakan sensasi Galuh Mas Pumptrack tanggal 17 Juli 2024 segera daftarin link berikut GALUHMAS PUMP TRACK

 

Baca Juga : BSK KUMHAM BNI DOWNHILL SUKSES DIGELAR

Artikel Lainnya : Beberapa Jenis Tiket Pada Sebuah Event

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Alamat : PT. Cahaya Anugrah Firdaus (CAF)
Jalan Akuntansi No.2, Bandung, Jawa Barat 40191

Ada pertanyaan? Atau ingin membuat event

© 2024 daftarin.id. Hak cipta dilindungi.